PROPOSAL PEMBANGUNAN MENARA MASJID AL-MUHAJIRIN

PROPOSAL PEMBANGUNAN MENARA MASJID AL-MUHAJIRIN

I . PENDAHULUAN
Kami berlindung dari godaan Syaitan yang terkutuk, Dengan menyebut Nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Segala puji hanya milik Robb pengatur alam semesta dan isinya, Yang Maha Pengasih dan Yang Maha Penyayang terhadap hamba-hambanya, Dialah yang menguasai di hari penentuan, Hanya kepada-Nyalah kita menyembah dan memohon pertolongan. Sholawat dan Salam semoga tetap terlimpah pada Nabi terakhir yang tiada nabi setelahnya Muhammad Shollallohu Alaihi Was Salaam beserta keluarga dan para sahabat serta pengikutnya yang berada di jalan yang lurus sampai akhir zaman. Amma Ba’d.
Allah SWT berfirman yang artinya, “Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan sholat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orangorang yang mendapat petunjuk.” (QS. At-Taubah: 18)
Masjid Al-Muhajirin Kel. Biraeng Kec. Minasatene Kab. Pangkep didirikan pada tahun 2000 oleh partisipasi Masyarakat dan pemerintah Kab.Pangkep. Sudah 11 tahun masjid ini menyiarkan Islam dengan berbagai kegiatan dakwah dan pendidikan. Bertambah dan berkembang minat para jama’ah terhadap kegiatan sholat berjama’ah dan pengajian-pengajian yang kami selenggarakan baik harian, mingguan maupun bulanan telah menuntut pengurus masjid Al-Muhajirin untuk membenahi dan menyempurnakan pelayanan peribadatan  agar lebih khidmat dan khusyu’, sehingga peningkatan qualitas sesuai dengan quantitas jama’ah yang dimiliki masjid ini. Untuk itu Pengurus Masjid Al-Muhajirin merencankan kegiatan Pembangunan Menara.

PROPOSAL PEMBANGUNAN MENARA MASJID AL-MUHAJIRIN

Dengan demikian Masjid Al-Muhajirin memerankan fungsinya sebagai lembaga pendidikan non formal, dan lembaga sosial kemasyarakatan. Masjid Al-Muhajirin menjadi benteng akidah dan pencetak generasi penerus yang diharapkan faqih terhadap agama Islam dan berakhlak mulia. Masjid Al-Muhajirin menjadi kebanggaan dan ikon keberagamaan atau kekeluargaan masyarakat di kel. Biraeng Kecamatan Minastene Kab. Pangkep. Oleh karenanya, demi mempertahankan fungsi Masjid tersebut masyarakat setiap minggu menafkahkan sebagian hartanya untuk merawat dan mendukung kepengurusan Masjid.
  1. LANDASAN KEGIATAN
Pengurus Masjid menjalankan kegiatannya atas dasar takwa sebagai bentuk perniagaannya dengan Allah, sebagaimana firman-Nya yang artinya:
Maka apakah orang-orang yang mendirikan masjidnya atas dasar taqwa kepada Allah dan keridhaan(Nya) itu yang baik, ataukah orang-orang yang mendirikan bangunannya di tepi jurang yang runtuh, lalu bangunannya itu jatuh bersama-sama dengan dia ke dalam neraka Jahannam? Dan Allah tidak memberikan petunjuk kepada orang-orang yang zalim. Bangunan-bangunan yang mereka dirikan itu senantiasa menjadi pengkal keraguan dalam hati mereka, kecuali bila hati mereka itu telah hancur. Dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. (QS. At-Taubah: 109-110)
III.        BENTUK USAHA
Dalam rangka mengemban amanat tersebut, kepanitiaan menjalankan berbagai usaha sebagai berikut ini:
  1. Mengajak kaum Muslimin menafkahkan harta untuk pembangunan Menara Masjid dengan keuntungan pahala yang berlipat dari Allah SWT sebagaimana firman-Nya yang artinya, “Perumpamaan Orang-orang yang menafkahkan hartanya dijalan Allah adalah serupa dangan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh butir, pada tiap-tiap butir tumbuh 100 biji,. Allah melipatgandakan bagi siapa yang dikehendaki. Dan Allah maha luas lagi maha mengetahui” (Qs Albaqarah 261).
  2. Dana yang terkumpul kemudian dipergunakan untuk pembangunan Menara Masjid dengan harapan semua pihak yang terlibat mendapatkan pahala sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits yang artinya, “Barangsiapa membangun untuk Allah sebuah masjid (mushola) walaupun sebesar kandang unggas (rumah gubuk) maka Allah akan membangun baginya rumah di Syurga.” (HR. asy-Syihaab dan al-Bazzar). “Barangsiapa membangun masjid hanya untuk mencari ridha Allah, niscaya akan dibangunkan sepertinya baginya di Surga.” (HR. Al Bukhari : 450)
  3. MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud dan Tujuan diadakannya kegiatan Pembangunan Menara Masjid Al- Muhajirin  adalah
  1. Meningkatkan pelayanan dalam proses kegiatan keagamaan danpengembangan wawasan ilmu agama bagi para jama’ah.
  2. Dengan Adanya Menara Para Jamaah dapat mendengar lebih jelas waktu sholat yang di adzhankan oleh pengurus masjid dan  berbagai info yang dilontarkan para pengurus masjid
  1. SUMBER DANA
Anggaran dana untuk rehab Masjid Al-Muhajhirin Desa Padali  Kel. Biraeng Kec. Minasatene Kab. Pangkep,   ini diperoleh dari beberapa sumber yaitu :
  1. Swadaya masyarakat Desa Padali, Desa Pallateang, Dan desa Bonto Kalampang di kel. Biraeng Kec. Minasatene Kab. Pangkep
  2. Sumbangan dari para donatur yang dikumpulkan melalui sukarelawan pengumpul dana yang ditugaskan oleh Panitia Rehabilitasi Masjid Al-Muhajirin.
  3. Bantuan dari pemerintah Kab Pangkep.
  4. Sumber lain yang tidak mengikat.

PROPOSAL PEMBANGUNAN MENARA MASJID AL-MUHAJIRIN

Nama : Kegiatan Pembangunan Menara Masjid Al-Muhajirin
XII.    PENUTUP
Dukungan dalam bentuk sarana prasarana, fasilitas, finansial ataupun dukungan moril dan do’a. Seberapapun besarnya, akan sangat berarti bagi kami. Proposal ini disusun dengan harapan dapat meningkatkan proses pelaksanaan rehabilitasi yang membutuhkan dukungan dan bantuan dari semua pihak. Atas segala bantuan dan keikhlasannya kami atas nama Panitia Pembangunan Menara Masjid Al-Muhajirin Kec.Minasatene Kab. Pangkep.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembuat Kubah Masjid DiJakarta

Biaya Kubah Masjid Enamel